Beranda Tak Berkategori Gunung Sinabung Enam Kali Erupsi Hari Ini Kurun Waktu 10 Jam

Gunung Sinabung Enam Kali Erupsi Hari Ini Kurun Waktu 10 Jam

9 views
0


Kitakini.news – Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Tanah Karo, hari ini (Jumat, 30/4/2021), kembali mengalami erupsi sebanyak enam kali dalam rentan waktu kurang dari 10 jam. Akibatnya, gunung yang memiliki ketinggian 2.460 meter dari atas permukaan laut (MDPL0 tersebut melontarkan abu vulkanis sejauh 1.000 meter dari puncak.

Petugas PVMBG, Muhammad Assory mengatakan, erupsi pertama tercatat pada pukul 01.57 WIB. Erupsi itumeluncurkan abu vulkanis setinggi 1.000 meter dari puncak gunung. Abu dengan intensitas tebal berwarna kelabu tersebut di bawa anging condong ke arah timur dan tenggara.

“Erupsi ini terpantau beramplitudo 22 mm dengan durasi 3 menit 28 detik,” kata Assory, Jumat (30/4/2021).

Selanjutnya, kata dia, erupsi kedua terpantau pada pukul 05.16 WIB dengan menyemburkan abu vulkanis setinggi 1.000 meter. Semburan mengarah ke timur dan tenggara. Erupsi ini tercatat dengan amplitudo 44 mm dengan durasi 3 menit 50 detik.

“Erupsi ke-tiga tercatat pada pukul 06.08 WIB namun kolom abu tidak teramati secara visual. Dari catatan seismograf, erupsi beramplitudo 38 mm dengan durasi 2 menit 55 detik,” sebutnya.

Assory menambahkan, Gunung Sinabung kembali mengalami erupsi keempat pada pukul 06.29 WIB. Tinggi kolom abu teramati sejauh 500 meter dari puncak mengarah ke timur dan tenggara. Erupsi ke-empat ini tercatat dengan amplitudo 14 mm dengan durasi 1 menit 55 detik.

Dikatakannya, Sinabung kembali mengalami erupsi ke-lima pada pukul 09.20 WIB. Kolom abu terpantau setinggi 700 meter dari puncak dan mengarah ke barat. Kata dia, erupsi tercatat dengan amplitudo 23 mm dengan durasi 1 menit 48 detik.

“Sementara itu, erupsi keenam tercatat pukul 10.14 WIB dengan tinggi kolom abu sejauh 1.000 meter mengarah ke barat dan barat laut. Erupsi ini tercatat dengan beramplitudo 105 mm dengan durasi 2 menit 15 detik,” ucapnya.

Assory mengimbau, kepada warga maupun wisatawan untuk tidak mendekat atau memasuki zona bahaya Sinabung yang sudah direkomendasikan.

“Karena aktivitas Sinabung masih sangat tinggi dan dapat terjadi erupsi dan awan panas susulan kapan saja,” pesannya.

Erupsi Gunung Sinabung Hari Ini, Ini Imbauan PVMBG

Lebih lanjut Assroy mengatakan, PVMBG juga menghimbau kepada warga yang terdampak abu vulkanik agar selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Ini untuk menghindari dampak buruk yang ditimbulkan abu vulkanik seperti ispa dan iritasi pada mata.

“Untuk status gunung Sinabung masih berstatus siaga,” pungkasnya.

Reporter : Syahrial Siregar





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here