Beranda Tak Berkategori Ini Aneka Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Selain untuk Imun Tubuh

Ini Aneka Manfaat Jamur Bagi Kesehatan Selain untuk Imun Tubuh

23 views
0


Kitakini.news – Jamur ialah tumbuhan yang biasa hidup di alam liar dan dibudidayakan. Tumbuhan ini sering dijadikan makanan diet dan mudah diolah, baik itu makanan kaleng atau yang masih segar. Kegunaannya pun banyak, selain sebagai makanan, ternyata manfaat jamur untuk kesehatan tidak hanya memperkuat imun tubuh.

Dilansir dari Health Line, jamur kaya akan protein, vitamin, serat, mineral, dan rendah kalori. Jamur mengandung selenium, antioksidan, polisakarida, dan Vitamin D2 (ergokalsiferol). Jamur sudah lama dikonsumsi ribuan tahun silam, baik sebagai bahan makanan atau sebagai bahan pembuatan obat, sebab tumbuhan ini kaya akan nutrisi. Bagi yang penasaran manfaat jamur bagi kesehatan, simak ulasannya.

1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Seperti diketahui, jamur mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang ada dalam tubuh bisa menimbulkan penyakit kanker. Kandungan Beta-glucan pada jamur digunakan sebagai obat perawatan kemoterapi atau terapi radiasi.

Walau sifatnya tidak membunuh, beta-glucan membantu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, beta-glucan dapat mengatasi efek samping mual akibat terapi radiasi.

Kandungan vitamin D pada jamur dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker dan folat juga berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA. Sehingga dapat mencegah terbentuknya sel kanker dari mutasi DNA. Sayangnya, manfaat jamur ini mungkin tidak berpengaruh pada pasien kanker.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh merupakan perisai utama tubuh terhadap infeksi penyakit. Tanpa sistem kekebalan yang kuat, tubuh diperkirakan akan gampang terserang penyakit. Salah satu cara meningkatkan performa imun tubuh ialah dengan mengonsumsi jamur.

Terutama pada jamur shitake dan jamur tiram, manfaat jamur untuk meningkatkan fungsi imun tubuh diperoleh dari beta-glucan. Beta glucan semacam glukosa yang biasanya ditemui pada ragi, gandum, dan jamur.

Manfaat Jamur Ialah Dapat Menangkal Radikal Bebas Bagi Kesehatan Tubuh

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kandungan eritadenine, chitosan, dan beta-glucan pada jamur dapat menurunkan kolesterol. Adapun studi yang dilakukan pada responden obesitas yang melakukan diet dengan jamur. Alhasil, mengonsumsi jamur selama 3 kali seminggu dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik sebanyak 8%, mengurangi trigliserida 15%, dan menurunkan berat badan sebesar 3,6%.

4. Menangkal Radikal Bebas

Radikal sering sering menjadi ketakutan buat tubuh kita. Sebab, radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sel-sel tubuh dimana bisa berakibat buruk pada komplikasi kesehatan, termasuk kanker. Untuk menangkal radikal bebas, tubuh memerlukan antioksidan.

Antioksidan merupakan senyawa yang berperan mencegah terjadinya oksidasi sebagai pemicu kerusakan sel, dan menghambat pertumbuhan lemak pada arteri jantung. Zat ini bisa diperoleh dari makanan, salah satunya jamur.
Kandungan vitamin C, antioksidan, dan ergothioneine diperoleh pada jamur. Menurut studi yang diterbitkan oleh Journal of Medinical Food tahun 2010, ergothioneine mampu meminimalisir terjadinya aterosklerosis.

5. Menjaga Fungsi Organ Tubuh

Tubuh memerlukan asupan nutrisi untuk menjalankan fungsinya dengan optimal. Nutrisi yang dibutuhkan oleh organ tubuh tersebut ialah vitamin B, khususnya Vitamin B3 (niacin). Vitamin B3 terbukti mampu memaksimalkan kinerja organ tubuh, serta menjaganya agar tidak mengalami gangguan fungsi. Vitamin B3 bisa diperoleh dari jamur, sehingga layak dimasukkan ke dalam daftar menu sehat agar tubuh senantiasa sehat.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat Jamur bagi kesehatan tubuh lainnya ialah meningkatkan performa kekuatan tulang. Ini dikarenakan, jamur mengandung vitamin D. Dengan adanya vitamin D, jamur bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Oleh sebab itu, konsumsilah jamur setiap hari, terutama bagi anak-anak yang sedang masa pertumbuhan, dan para lansia yang mengalami gangguan kesehatan tulang. Disamping itu, vitamin D pada jamur dapat membantu tubuh menyerap mineral dengan baik dan sebagai anti depresi.

7. Mencegah Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ialah salah satu penaykit yang disebabkan tingginya jumlah kolesterol jahat. Jamur berperan aktif dalam mencegah terjadinya hipertensi melalui kandungan vitamin C, serat, dan kalium.
Ketiga zat tersebut dikenal efektif dalam mengendalikan tekanan darah, dan memastikan kadar kolesterol tetap terjaga.

Penulis : Qurairah Urbana





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here